8 Penyakit Penyebab Benjolan di Leher yang Ringan hingga Berbahaya

benjolan-di-leher-doktersehat

Benjolan di leher adalah gangguan kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Meski benjolan di leher tapi tidak sakit, namun harus tetap diperiksakan ke dokter untuk mengetahui apakah ada kelainan pada kelenjar tiroid.

Memang, sebagian besar benjolan di leher dan pembengkakan di bawah kulit tidak berbahaya dan sembuh atau hilang dengan sendirinya. Namun, bukan berarti Anda dapat menganggap remeh benjolan tersebut.

Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Diwaspadai

Ada banyak penyebab pembengkakan di leher. Berikut adalah 8 penyakit penyebab benjolan di leher, di antaranya:

1. Tuberkulosis (TBC)

TBC tidak hanya terkait dengan kesehatan paru-paru. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis ini ternyata juga menyerang bagian lain seperti kelenjar, sehingga menyebabkan kelenjar getah bening di leher.

Penyakit ini diawali dengan demam berkepanjangan, batuk berlangsung lama, nafsu makan menurun, serta benjolan di leher, ketiak dan paha. Hanya saja yang sering ditemukan adalah benjolan di bagian leher. Benjolan tersebut terlihat mengelompok. Selain itu, benjolan sewaktu-waktu dapat pecah dan mengeluarkan cairan seperti nanah.

2. Gangguan kelenjar getah bening (lymphadenitis)

Kelenjar di leher berupa benjolan paling sering disebabkan oleh gangguan kelenjar getah bening. Penyebab benjolan di leher ini bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada kulit kepala, sinus, amandel, tenggorokan, gusi, gigi maupun kelenjar ludah.

Infeksi tersebut biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Pembesaran kelenjar getah bening dalam jangka waktu yang cepat juga dapat disebabkan oleh adanya sel kanker.

3. Struma

Struma adalah benjolan di leher tapi tidak sakit dapat disebabkan karena adanya pembesaran kelenjar gondok atau kelenjar tiroid. Penyakit ini disebut struma. Struma dapat disebabkan oleh autoimun, infeksi THT (telinga, hidung dan tenggorokan), tinggi dan rendahnya hormon yang dilepas oleh kelenjar ini.

Biasanya pembesaran yang disebabkan ketidakseimbangan hormon dapat mengecil dengan sendirinya saat hormon itu jumlahnya akan kembali normal.

Selain itu, struma juga dapat disebabkan oleh adanya sel-sel yang pertumbuhannya abnormal. Bila sel itu adalah tumor ganas biasanya benjolan malah cepat membesar sehingga harus segera diangkat.

4. Abses di leher

Abses di leher adalah kondisi di mana terdapat akumulasi nanah karena infeksi pada ruang-ruang yang ada di antara struktur leher, seperti dikutip dari ePainAssist.com. Ketika pengumpulan nanah meningkat, ada perluasan ruang jaringan lunak, yang mendorong terhadap struktur di leher, seperti lidah, kerongkongan, dan dalam kasus yang lebih parah, tenggorokan atau trakea. Leher adalah area yang sangat sensitif untuk pembentukan abses dan berpotensi menjadi serius jika tidak segera diobati. Abses leher juga dikenal sebagai abses cervical atau infeksi leher dalam.

Abses leher juga bisa berupa abses leher superfisial, di mana abses leher terbentuk pada lapisan luar leher; atau abses leher yang dalam di mana abses terbentuk di lapisan leher yang lebih dalam. Abses leher dapat menjadi serius jika tidak diobati, kemungkinan ukurannya membesar, ini dapat menekan trakea atau pipa udara dan menyebabkan pernapasan bermasalah. Perawatan abses leher terdiri dari obat-obatan, seperti antibiotik, dan drainase abses jika diperlukan.

5. Kanker kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening adalah organ kecil berbentuk seperti kacang yang memproduksi dan menyimpan sel darah, yang membantu melawan penyakit dan infeksi. Namun beberapa kanker dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Kanker dapat mulai di kelenjar getah bening itu sendiri atau lebih umum mungkin menyebar dari bagian tubuh lainnya.

Nyeri atau pembengkakan pada kelenjar getah bening adalah gejala umum kanker yang dimulai pada sistem limfatik, seperti limfoma non-Hodgkin dan limfoma Hodgkin. Kanker yang dimulai di bagian lain tubuh dan menyebar ke kelenjar getah bening disebut metastasis. Bahkan ketika kanker menyebar ke kelenjar getah bening, kanker ini masih dinamai sesuai dengan area tubuh di mana kanker itu bermula.

Penyakit ini berbahaya dan dinilai dari tinggi angka stadium kanker kelenjar getah bening (stadium 1-4) dan penyebaran sel kanker itu sendiri dalam tubuh. Untuk kanker-kanker dengan stadium lanjut dapat menyebabkan hingga kematian. Selengkapnya simak stadium kanker kelenjar getah bening pada tautan berikut ini:

6. Cedera otot leher

Cedera otot leher atau yang sering disebut dengan tortikolis dapat menyebabkan benjolan pada otot-otot leher. Tortikolis seringkali terjadi karena pergeseran tulang belakang daerah leher.

Penyebab terburuk dari tortikolis adalah adanya tumor di daerah tulang belakang. Tortikolis yang sifatnya ringan, dapat diatasi dengan penyangga leher.

7. Kista epidermoid

Kista Epidermoid adalah benjolan kecil yang bukan kanker di bawah kulit, kista ini dapat terbentuk benjolan di leher. Kista Epidermoid dapat muncul di mana saja pada kulit, tetapi paling umum pada wajah dan badan.

Benjolan di leher tapi tidak sakit dan tumbuh lambat sehingga jarang menyebabkan masalah atau memerlukan perawatan. Anda mungkin memilih untuk mengangkat kista oleh dokter jika penampilannya mengganggu atau jika terasa sakit, pecah atau terinfeksi.

Banyak orang menyebut kista epidermoid sebagai kista sebaceous, tetapi keduanya berbeda. Kista sebaceous kurang umum. Ini muncul dari kelenjar yang mengeluarkan zat berminyak yang melumasi rambut dan kulit (kelenjar sebaceous).

8. Lipoma

Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh lambat dan paling sering terletak di antara kulit dan lapisan otot yang mendasarinya. Benjolan di leher yang tampak pucat dan biasanya lunak, mudah bergerak bila ditekan jari. Lipoma biasanya terdeteksi pada usia pertengahan dan beberapa orang bisa memiliki lebih dari satu lipoma.

Lipoma bukanlah kanker dan biasanya tidak berbahaya. Perawatan umumnya tidak diperlukan, tetapi jika lipoma mengganggu Anda, terasa sakit atau membesar, Anda mungkin perlu menghilangkan benjolan oleh dokter.

Cara Mengempeskan benjolan di leher  Dengan Ekstrak Teripang Emas (Bahan Baku QnC Jelly Gamat) Secara Cepat TANPA OPERASI.

QnC Jelly Gamat merupakan obat herbal multikhasiat yang mampu membantu mengobati semua jenis penyakit termasuk mengempiskan benjolan dileher secara alami, Aman TANPA OPERASI, aman bebas bahan kimia dan tidak menimbulkan bahaya ketergantungan terhadap tubuh penderita karena di buat dari 100% BAHAN HERBAL ALAMI yang berbahan dasar Ekstrak Teripang Emas dan dilengkapi dengan bahan alami lainnya yaitu air RO, essen natural, pengemulsi nabati, sweetener stevia, ekstrak buah dan sayursehingga sangat aman dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dan cocok di jadikan suplemen keluarga karena aman untuk dikonsumsi oleh semua usia mulai dari bayi sampai lansia bahkan ibu hamil dan ibu menyusui. Tak perlu di ragukan lagi, karena QnC Jelly Gamat sudah terdaftar di DEPKES P-IRT No 109321601291-1229, BPOM RI (POM TR 173301471) sehingga kualitas produk terjamin HALAL. 

Teripang emas yang menjadi bahan utama QnC Jelly Gamat memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa karena mengandung nutrisi yang lengkap seperti saponin, kolagen, gamapeptide, cell growth factor, antiseptik alamiah, 5 jenis sterol, omega-3, 6, 9, 10 jenis mineral, 9 jenis karbohidrat, 59 jenis asam lemak dan 25 komponen vitamin. QnC Jelly Gamat di kemas dengan botol higienis yang berisi 300 ml berbentuk cairan kental bening seperti jelly rasanya gurih tidak pahit seperti obat lain sehingga banyak di sukai oleh anak-anak. QnC Jelly Gamat di anjurkan untuk di simpan di kulkas atau di tempat yang sejuk, hindari dari paparan cahaya matahari.

Cara Konsumsi : 2×2 sendok makan setiap hari sesudah makan (jika belum ada perubahan, dosis bisa di tingkatkan dan boleh sambil dioleskan jika terdapat luka di benjolannya).

Informasi Keunggulan Kandungan Teripang Emas Sebagai Obat Benjolan di Leher :

Dari berbagai hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan, mereka menyimpulkan bahwa Teripang Emas mengandung Antiseptik Alamiahyang mampu mematikan bakteri, virus dan kuman yang masuk kedalam tubuh yang menyebabkan panas demam pada anak. Antiseptik Alamiah yaitu senyawa yang dapat mematikan mikroorganisme baik di luar maupun di dalam tubuh. Artinya QnC Jelly Gamat mampu mematikan bakteri dan virus yang menginfeksi ke dalam tubuh anak yang sedang panas demam tinggi.

Teripang Emas mengandung Cell Growth Factor (faktor meregenerasi sel), sehingga mampu merangsang regenerasi atau pemulihan sel dan jaringan tubuh yang rusak atau sakit bahkan membusuk sehingga menjadi pulih dan sehat kembali. Selain itu, Teripang Emas mengandung Gamapeptide yang mampu : Melancarkan sirkulasi darah, mempunyai antioksidan tinggi, antibakteri, antivirus dan antijamur, mempercepat 3x penyembuhan luka atau penyakit, mengeluarkan dan menetralkan racun dalam tubuh, menghentikan peradangan dan infeksi dalam tubuh, mengurangi sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan dan menggigil.

Kesaksian Konsumen Yang Telah Berhasil untuk keluhan Benjolan di Leher Dengan QnCJelly Gamat :


Kami menawarkan QnC Jelly Gamat kepada Anda bukan tanpa alasan, karena sudah banyak orang yang telah membuktikannya. Anda lihat sendiri kisah nyata konsumen kami diatas yang telah berhasil sembuh dari penyakit yang di deritanya. Jika ada benjolan di sekitar leher anda sebaiknya segera obati dengan QnC Jelly Gamat.

Daftar Harga QnC Jelly Gamat :

HOT PROMO beli 4 botol ke atas hari ini dapat potongan harga besar-besaran untuk hasil lebih maksimal. INGAT !!! PROMO TERBATAS, harga sewaktu-waktu bisa berubah. Maka jangan lewatkan kesempatan PROMO MENARIKNYA. Buruan pesan hari ini juga mumpung promo masih berlaku !

Keuntungan Belanja Pada Kami Toko Rana Herbal :
  • Konsultasi produk gratis.
  • Produk asli 100%, di kirim langsung dari gudang QnC Jelly Gamat.
  • Bergaransi uang kembali 100% jika barang tidak sampai, botol rusak, isi berubah warna dan bau.
  • Gratis biaya packing (dus + styrofoam).
  • Cepat dan aman.
  • Privasi terjaga.

Anda tertarik dan berminat ingin memesan QnC Jelly Gamat ? Segera untuk melakukan pemesanan via sms / whatsapp seperti contoh di bawah ini !

CARA PEMESANAN :


EG-QNC : Jumlah Pesanan : Nama Lengkap : Alamat Lengkap : No. Hp Anda
# Contoh Pemesanan #

EG-QNC : 6 Botol : Andi Rahman : Jl. Simpang no:11 Rt.01 Rw.01, Ps. Minggu, Jakarta Selatan 12540 : 0852.2377.XXXX

KIRIM KE. 082317002919 (TELKOMSEL + WhatsApp) atau DB11E254 {PIN BB}

PERLU DI INGAT !

*Setelah anda mengirimkan format pemesanan seperti diatas dengan mencantumkan KODE PRODUK (EG-QNC ), anda akan langsung dilayani dengan Customer Care kami dengan baik*


PENTING !
  1. Untuk di luar daerah Jawa, di haruskan bayar dulu setengahnya, sisanya dapat di lunasi setelah barang sampai. Jangan ragu berbelanja di toko kami, sebab Anda bisa menCEK sendiri status pengiriman obat anda di jasa pengiriman barang :https://www.jne.co.id
  2. Jelly Gamat QnC ialah produk EKSLUSIF sehingga hanya terdapat di agen atau penjual resmi terpercaya saja, termasuk Toko Rana. Jika Anda mendapati QnCdengan harga yang lebih rendah maka dipastikan obat PALSU, dioplos atau kadaluarsa.
  3. Apabila dalam waktu 3 hari setelah barang diterima belum melakukan transfer pembayarannya, maka akan di kenai SANKSI Pasal 5 BAB III No. 8 Th. 1999mengenai tuntutan hukum pidana dan dendaan atas pelanggaran tidak memenuhi kewajiban konsumen. Disamping itu, kami juga akan mencantumkanNAMA, ALAMAT LENGKAP, serta NO. HP ANDA kedalam daftar ~Orang tidak mau BAYAR~ di 100 website resmi kami.
Inilah Nomor Kami :
Lalu, transfer pembayaran HANYA ke no. rek A/N Rubi Andriani.
1. BCA Tasikmalaya    
     No. Rekening : 0540659508
     Atas nama : Rubi Andriani
2. Bank Mandiri Tasikmalaya Sutisna Senjaya
     No. Rekening : 1310010423566
     Atas nama : Rubi Andriani
3. BRI Tasikmalaya 
     No. Rekening : 010001064053502

     Atas nama : Rubi Andriani

Setelah anda transfer, konfirmasi kembali kepada kami.

Terimakasih Semoga Lekas Sembuh & Dapat Bermanfaat, Belanja Hemat Di Agen Toko Rana Herbal